Fotografi dan Perenungan

“Saya juga, dialog itu seringnya muncul di perjalanan dan saat memotret. Karena setelah memotret, saya bisa bertafakur sejenak, kembali ke ruang hati untuk bertasbih”

Beugh, blog udah banyak sawang aje. Untung ga pake ada tokek salto… *ngiklan*

Kisah dari banyak manusia merupakan sarana bagi saya untuk membaca cara kerja Allah (Foto. Hesty Ambarwati, diambil di Pulau Pari)

Kisah dari banyak manusia merupakan sarana bagi saya untuk membaca cara kerja Allah (Foto. Hesty Ambarwati, diambil di Pulau Pari)

Hm, semuanya bermula dari sebuah percakapan pagi ini.

“Saya suka malam dan perjalanan. Karena entah kenapa, dialog dengan Allah justru terbangun melalui perjalanan itu, bukan di atas sejadah” 

“Saya juga, dialog itu seringnya muncul di perjalanan dan saat memotret. Karena setelah memotret, saya bisa bertafakur sejenak, kembali ke ruang hati untuk bertasbih”

Iya, saya juga berpikir demikian. Mungkin awalnya saya memotret karena ingin memotret saja tanpa alasan. Kemudian memotret biar dibilang jago motret dan diapresiasi karyanya, yah minimal biar ada yang bilang “ih fotonya bagus, jago motret ya, ajarin dong”.

Sekarang? tampaknya saya mulai masuk pada fase pemaknaan yang lebih dalam tentang dunia ini. Beberapa tahun belakangan ini, perbincangan saya tak jauh-jauh tentang Allah dan pemaknaan terhadap kehambaan padaNya. Begitupun pada fotografi. Ia bisa menjadi sarana untuk memaknai Allah lebih dalam.

Foto dihasilkan dari tombol shutter yang ditekan, kemudian peristiwa yang ada di depan lensa kita muncul dan terus berganti karena kita menempuh perjalanan. Dan perjalanan mengantarkan saya pada banyak kisah yang mau tak mau membuat saya merenung tentang hidup dan tentang Allah.

Jadi, bagi saya memotret  tak hanya sekedar menghasilkan foto yang indah dan berhasil membuat orang berdecak kagum atas teknik fotografi yang jagoan. Tapi foto adalah hasil pemaknaan saya pada kehidupan, pada Sang Pencipta dan Pengatur Kehidupan yang akan membuat orang menikmati  indahnya berkenalan dengan Allah.

Selamat menyelami dunia fotografi🙂

Leave a Reply

