Suhu Food Photography

Bon Apetit

Entah sejak kapan kebiasaan ini berlangsung. Kebiasaan apa? kebiasaan klo liat majalah/buku masakan, menu di tempat makan, ataupun spanduk restoran bukan makanan atau resepnya yang saya perhatikan melainkan foto makanannya. Natural saja, otak saya langsung mencerna foto itu. Sesekali mengapresiasi namun sesekali mengkritisi.

“Aduh ini komponya ga ciamik” “Duuuh kok foto makanannya jadi macro gini” “Wiiih penataan makanannya mantab”, dll.

Nah, sayangnya akhir-akhir ini saya mulai jarang bereksperimen menata makanan/minuman, men-set tema foto makanan, bermain dengan property pendukung, bermain dengan reflector, dan kamera. Seringkali foto makanan diambil di tempat makan langsung, dengan pencahayaan, konsep dan property seadaanya. Benar-benar ga bikin saya mikir lebih dalam lagi tentang food photography. Huft.

Belum lagi, semakin maraknya tayangan tentang Chef dan dunia kuliner di televisi. Menyaksikkan mereka bekerja di dapur dengan pakaian masaknya. Pan, spatula, bunyi daging yang dipanggang, ricuh suasana dapur, aaarrrggh kangen sama masa-masa kuliah. Apalagi saat chef menata masakannya di atas piring, aih bak seniman melukis di atas kanvas. Indah.

Klo boleh saya nambah mimpi saya untuk tahun ini…semoga saya bisa belajar langsung dari mba Riana Ambarsari. Kenapa beliau? hmmm, saya suka konsep beliau. Fotonya simple, dan dilakukan di rumah. Itu intinya, rumah. Banyak teman yang mendorong saya untuk berlatih foto makanan di dalam studio lengkap dengan segala lighting canggihnya. Tapi ya itu, saya hanya ingin melakukan semuanya dari rumah, memaksimalkan peralatan sederhana. Dan mba Riana adalah orang yang pas untuk “dicontek”.

Jadi yaaa, klo Julie nge-fans sama Julia Child sampe2 menantang dirinya untuk mempraktekkan seluruh resep di dalam buku karangan Julia Child. So, saya pun berharap seperti itu, berguru langsung kepada sang suhu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s