Blusukan di RRC bersama Sekolah Rabbani

Blusukan SD IT Rabbani

Blusukan SD IT Rabbani

Akhir-akhir ini istilah blusukan marak di media. Dari mulai Jokowi hingga SBY. Nah, klo di RRC (Republik Rakyat Cimenyan) sudah sejak lama blusukan dilakukan, bahkan jauh sebelum Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Tepatnya 11 Januari 2013, Presiden, dan jajaran Menteri RRC melakukan agenda blusukan di sekitar wilayah Cimenyan, tepatnya Kampung Babakan. Hmmm, bahasa mudahnya adalah Home Visit. Kegiatan yang rutin kami lakukan, mengunjungi orang tua siswa SD IT Rabbani. Apa tujuannya? selain untuk silaturahim serta mempererat hubungan antara sekolah dan orang tua, home visit juga dilakukan untuk melakukan observasi terhadap kebiasaan orang tua mendidik anak di rumah😀.

Selama ini, seringnya orang tua yang dipanggil ke sekolah. Tapi, saat polanya dibalik..ternyata efeknya luar biasa. Orang tua merasa sangaat dihargai oleh sekolah, merasa bahwa anaknya begitu penting. Makaaa, sedikit-sedikit “nasihat” pola mendidik anak yang baik bisa masuk ke orang tua.

 

Diskusi tentang harapan orang tua terhadap anak terjadi

Diskusi tentang harapan orang tua terhadap anak 

Apa yang dilakukan SD IT Rabbani di home visit kali ini?

1. Memancing orang tua bercerita tentang kondisi anaknya di rumah. Beberapa orang tua masih mengeluarkan bahasa “anak saya susah banget dirubahnya bu, ga tau harus diapain lagi, nakal banget”. Yaaak, saat kita mendengar pernyataan seperti itu, maka kita balikkan dengan pertanyaan “Nakalnya seperti apa?”. Dan mereka menjawab dengan “Ya..klo disuruh mandi susah, klo ngomong suka bentak-bentak”. Hmmm…. “Tapi bu, klo yang saya rasakan, sejak anak ini pindah ke SD IT Rabbani, perilakunya banyaaak berubah..dia jauh lebih nice”. “Iya sih, sekarang mah dia lebih lembut bu..lebih dewasa”. Naaah, itu pointnya…kita sedikit-sedikit bisa meluruskan “paradigma” orang tua terhadap anak.

2. Mengetahui kondisi ekonomi anak2, dan kehidupan mereka sehari-hari. Satu hal yang saya takjub dari beberapa orang tua mereka adalah: rasa syukur yang tinggi atas apa yang Allah berikan pada mereka hari ini.

3. Evaluasi dan saran dari orang tua untuk sekolah. Hmmm, terharu banyak orang tua yang ingin sekolah ini tetap ada untuk anak-anak mereka.🙂

4. Sosialisasi agar anak selalu membawa bekal ke sekolah. Bekal yang dimasak oleh sang ibu😀.

a. Mengurangi produksi sampah plastik, yang dihasilkan oleh jajanan pasar. Beberapa orang tua mulai sadar tentang bijak menangani sampah.

b. Makanan yang dibawa dari rumah lebih sehat dan terjaga keamanannya. Ternyata orang tua sudah mulai paham, bahwa jajanan anak di sekolah tidak sehat…Alhamdulillah🙂.  Oh iya, digarisbawahi, anak2 ga boleh sering2 bekal mie instant dan ayam crispy

c. Anak-anak belajar bersyukur dengan makanan yang ada di rumah. Ya, kami katakan kepada orang tua…bawa saja apa yang ibu masak hari ini, ga usah diada2in. Klo ada sayur sama tempe, ya ga masalah. Biar anak belajar bersyukur dan ga konsumtif.

Diantar oleh dua siswa kami :D

Diantar oleh dua siswa kami😀

Sekiaaan, dan orang tua sepakat akan hal itu. Ya, jika kita bicara tentang pendidikan anak. Maka, tugas mendidik tidak hanya ditekankan pada anak saja, tapi juga untuk orang tua. Klo orang tuanya sadar mendidik, ya Alhamdulillah. Klo ga? maka sekolah punya kewajiban untuk menggandeng orang tua, sadar akan perannya yang begitu luar biasa dalam mendidik anaknya sendiri. Menciptakan lingkungan yang baik, agar anak dapat berkembang dengan optimal. Daaan, yang tak kalah penting, menyamakan visi serta harapan pendidikan antara orang tua, anak, dan sekolah adalah penting, karena mendidik adalah tugas gotong royong ketiganya.

2 responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s