Nyetrit Perdana ToekangPoto

Komunitas Toekang Poto

Komunitas Toekang Poto

ToekangPoto?

“Itu ya..yang motret nikahan?”

“Jasa foto keliling langsung jadi?”

Hahaha…apa aja deh, yang pasti ToekangPoto adalah sebuah komunitas yang berisikan manusia, pria ataupun wanita, hobi motret ataupun dipotret, dan hobi blusukan mencari “cerita”. Berdiri sedjak tahoen 2011, saat lava gunung Merapi keluar dari perutnya. ToekangPoto hadir di beberapa daerah, antara lain: Yogyakarta, Jabotabek, Bandung, Lampung, dan kota-kota lainnya yang akan kami claim dalam tempo sesingkat-singkatnya :p.

Setelah satu tahun lahir ke dunia, akhirnya pada 5 Januari 2013 digelar-lah agenda: Nyetrit Perdana ToekangPoto Jabotabek + Bandung. Rutenya? Stasiun Manggarai – Bogor naik KRL Ekonomi dilanjut mapay jalan satapak menuju Kebun Raya Bogor.

Ini adalah kali pertama saya bertemu dengan manusia penghuni Komunitas ToekangPoto. Selama ini kegiatan komunitas dilakukan di dunia maya, dari mulai share ilmu fotografi, pamer foto hasil jepret masing2, saling komentar, saling memberi masukan, dan saling like, tentu dengan ke-absurdannya masing2😀. Kenapa saya mau bertemu dengan mereka? karena saya ingin memastikan bahwa manusia-manusia maya itu benar adanya, bukan tokoh fiktif.  Dan yang paling penting adalah: nyetrit bareng, hunting foto bareng, dan belajar bareng suhuwan yang sudah lebih senior dari segi usia dan pengalaman motretnya daripada saya.

Foto by: Muhammad Iqbal (Kaki menapak tanda manusia)

Foto by: Muhammad Iqbal (Kaki menapak tanda manusia)

Yak, begini alur perjalanan kami saat itu:

07.30 : Untuk pertama kalinya saya melihat sosok2 manusia penghuni komunitas Toekang Poto. Dan, mereka adalah manusia, bukan tokoh fiktif belaka.

Bahagia itu ada di hati.

Bahagia itu ada di hati.

Berkejaran dengan waktu

Berkejaran dengan waktu

08.xx : Berangkat menuju Bogor dari Stasiun Manggarai menuju Bogor, menggunakan KRL Ekonomi. Kenapa KRL Ekonomi? karena disana banyak manusia, banyak cerita dan kisah yang bisa diabadikan oleh kamera kami.

Kang Dudi beraksi

Kang Dudi beraksi

Seorang tunanetra memainkan piano di kereta. Manusia dengan segala kelebihan yang Allah beri

Seorang tunanetra memainkan piano di kereta. Manusia dengan segala kelebihan yang Allah beri

09.xx : Sampai di Stasiun Bogor. Dibuka dengan lagu “Mapay Jalan Satapak” yang mengalun syahdu dari tukang DVD di Stasiun. Berjalan menuju Kebun Raya Bogor. Mengabadikan apapun yang ada di jalan. Mengasah kepekaan mata dan hati dalam melihat “moment”.

tOekangpoto memotret yang memotret

tOekangpoto memotret yang memotret

NKRI Harga Mati

NKRI Harga Mati

10.00: Sampai di Kebun Raya Bogor. Kurilang-kuriling di bawah teduhnya pohon. Menuju jembatan gantung dan mendapati salah satu punggawa dimintai tolong untuk memotret. “Kakak..fotografer kan? boleh minta tolong fotoin kita?” pinta anak2 muda belia kepada kakaknya. Bisa jadi celah profesi baru para ToekangPoto, menjadi ToekangPoto keliling di Kebun Raya Bogor.

ToekangPoto disuruh moto

ToekangPoto disuruh moto

14.00: Makan soto kuning khas Bogor di Stasiun Bogor. Maknyussss. Cukup 18 ribu udh dapet es teh manis

Foto By: Mba Hasna Nazar  , ditodong utk motret TP-wan dan TP-wati yang kelaparan

Foto By: Mba Hasna Nazar , ditodong utk motret TP-wan dan TP-wati yang kelaparan (Kiri ke Kanan: Kang Dudi Iskandar, Mas Pur, Mang Udin, Kang Iqbal, Mba Lia, Gue, Om Omaang)

15.30: Menunggu commuter line, pulang ke kotanya masing-masing, menuju aktivitasnya masing-masing.

Menanti kereta

Menanti kereta

Begitulah sekelumit kisah hunting dan nyetrit perdana kami. Sesungguhnya, hunting bareng ToekangPoto adalah sarana mudah dan murah untuk belajar lebih banyaaak lagi dunia fotografi. Bolak-balik Jakarta Bogor, berdiri di kereta pulang-pergi, adalah olahraga kami :p. Dadah…sampai jumpa di hunting-hunting lainnya. Salam Jepret selalu…

8 responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s