[Hidup 0 Sampah] Kotak Makan

[Hidup 0 Sampah] Kotak Makan

Foto: Google

Hidup 0 sampah, mungkin ga sih? Mungkin aja. Sudah beberapa hari ini saya coba terapkan pola hidup 0 sampah dalam keseharian. Alasannya? Saya hanya ingin sedikit membantu menyelesaikan permasalahan lingkungan yang begitu banyaknya. Salah satunya, tentang mengurangi sampah. Bagi saya, pengolahan sampah di negeri kita masih belum “aman” bagi lingkungan. Kita tidak pernah tahu, sampah yang kita buang ke tempat sampah, lalu esok paginya diangkut oleh tukang sampah akan dibuang kemana. Mekanisme pengolahan sampah seperti ini bagi saya tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Kita hanya berhasil memindahkan masalah dari rumah kita menuju wilayah orang lain.

Sebenarnya, sumber dari segala permasalahan adalah kita, bukan sampah. Benda tidak akan mejadi sampah jika kita tidak pernah menggunakannya lalu membuangnya. Nah, karena kita-lah penghasil sampah itu, so sudah saatnya kita pun bertanggungjawab atas apa yang kita hasilkan, jangan sampai orang lain atau bahkan generasi selanjutnya yang menderita akibat perilaku kita.

Darimana kita memulai?

Hidup 0 Sampah. Setahu saya, prinsipnya adalah: sebisa mungkin kurangi konsumsi sampah. Bagi saya anak kosan, sampah terbesar yang ada dalam tempat sampah saya adalah: Kertas Nasi dan bungkus makanan lainnya. So, cara mudah yang saya lakukan adalah membawa kotak makan kemanapun saya pergi. Biasanya, pagi hari sebelum saya beredar di bumi Allah, saya akan merencanakan akan makan apa saja seharian ini, selanjutnya saya akan membawa kotak makan sejumlah apa yang akan saya beli. Hasilnya? Konsumsi sampah saya berkurang hampir 80%-nya.

Repot? Oh sangat. Setidaknya saya harus membawa dua kotak makan dalam satu hari. Selain itu, setiap saya datang ke warung nasi sambil menyodorkan kotak makan ke sang pedagang dan berkata “bu dibungkus disini saja nasinya”, hampir semua pedagang memandang aneh dan shock. Hehe. Sesekali ada yang melempar ekspresi “Ga praktis deh”. Biarlah, ini sebentuk tanggungjawab saya sebagai penghuni bumi.

Tapi hidup 0 sampah ini seru loh, asli. Kenapa?

  1. Karena kita sudah rencanakan akan makan apa dalam 1 hari, so kita akan sangat mudah mengontrol pengeluaran.
  2. Karena jumlah kotak makan yang dibawa terbatas, so kemungkinan untuk tergoda membeli makanan lain diluar rencana akan semakin rendah.
  3. Berpikir ulang untuk membeli snack dalam kemasan (plastic khususnya) atau minuman dalam kemasan (air putih yang kita bawa sendiri dalam tempat minum jauh lebih sehat). Selain irit dari segi ekonomi, mengurangi konsumsi snack dan minuman dalam kemasan pun baik untuk kesehatan.
  4. Kita bisa pastikan bahwa tempat membungkus makanan yang kita pakai aman bagi kesehatan. Bayangkan klo pembungkus dari pedagang, kita tidak pernah bisa memastikan itu aman bagi tubuh atau tidak. Rata-rata pembungkus yang mereka gunakan klo ga plastik (entah aman atau ga), kertas nasi (plastik juga), atau Styrofoam (sumber kanker).
  5. Dapat jumlah makanan lebih banyaak..hehe, karena saat pedagang (nasi rames khsusunya) membungkus makanan di dalam kotak nasi, mereka akan bingung menakarnya..hehe.  :p
  6. Akhirnya saya menugaskan kembali magic jar dikosan untuk membuat nasi. Dulu saya paling males bikin nasi, karena bisa dipastikan dengan kegiatan saya yang lebih banyak diluar, saya akan sering makan diluar dibandingkan di kosan. So, nasi dikosan jarang dimakan pada akhirnya. Sekarang, saya lebih termotivasi untuk membawa nasi keluar rumah..hehe.

Ya. Begitulah usaha saya untuk hidup 0 sampah. Ini belum sepenuhnya 0 sampah loh ya, saya masih mengusahakan untuk seperti itu. Mulai dari yang paling sederhana dulu😀.  Selamat mencoba.

2 responses

Leave a Reply

