#Kelas Inspirasi Part 2 – Mungkin ini lanjutannya

Lanjutkan

Image

Tersenyum di tengah keramaian – SDN Tomang 11

Jadi bagaimana kelanjutan dari acara luar biasa ini? Saya juga masih belum tahu. Yang pasti, setelah mengamati proses #Kelas Inspirasi seharian, setelah melihat para volunteer dengan bersemangatnya menginspirasi tidak hanya anak-anak tapi juga guru dan saya, setelah melihat para volunteer mengajak anak-anak untuk bermimpi dan merealisasikan mimpi-mimpi besarnya. Asa yang tampak pada binar mata anak bangsa tidak boleh selesai di hari yang itu saja. Ia harus terus dijaga dan dipelihara, serta yang paling penting: difasilitasi.

Beberapa kali saya berbicara dengan mereka, masalah terbesar yang menghalangi mereka untuk meraih mimpinya adalah: BIAYA. Saya pikir, mereka tak perlu dihujani uang yang berlimpah. Tapi berikan jalan-jalannya. Sebagai contoh: si A, ingin menjadi seorang guru. Bantu dan pastikan ia melanjutkan ke SMP, tidak ada alasan putus sekolah karena tidak ada biaya, SMP negeri sudah gratis, SMP swastapun cukup tunjukkan SKTM maka akan digratiskan, bahkan ditanggung biaya personalnya (ongkos, buku, seragam, dan lain-lain) sayangnya belum banyak masyarakat yang tahu hal ini. Setelah SMP, pastikan ia melanjutkannya ke SMA ataupun SMK,  bisa gratis juga kok, karena desas-desusnya tahun depan BOS SMA dan SMK sudah akan cair. Selanjutnya menuju Perguruan Tinggi, kuliah juga bisa gratis, ada program beasiswa Bidik Misi dari pemerintah yang sudah 3 tahun berjalan.

Image

Mengintip dari balik pintu

So, tidak ada alasan mereka tidak mampu meraih cita-citanya. Hanya saja, mereka butuh kita fasilitasi untuk melalui setiap fase-fase mimpinya itu. Ya, tugas kita tidak selesai saat memberikan inspirasi di hari yang itu saja, tapi dihari-hari seterusnya dalam hidupnya.  Terus menginspirasi kawan😀. Bangsa ini terlalu dipenuhi pikiran yang pesimis, bangsa ini butuh juga bermimpi butuh juga optimisme.

Sekali Mendayung Pulau Mimpi  Terlampaui

Menjadi pengamat itu indah, hehehe. 2 kali pertemuan saya berinteraksi dengan teman sekelompok dan panitia dari Indonesia Mengajar, ditambah dengan 2 orang hebat yang saya kagumi Pa Hikmat Hardono serta Pa Anies Baswedan.  Setidaknya saya membaca bahwa Kelas Inspirasi hanyalah trigger, dan inilah beberapa efek yang didapat dari #Kelas Inspirasi:

  1. Kelas Inspirasi berhasil menyalurkan  200 link luar biasa kepada minimalnya 25 sekolah di Jakarta. Link yang jika kepala sekolah cukup sigap untuk menjaga dan “memanfaatkannya” akan menjadi sumber yang luar biasa bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolahnya.
  2. Kelas Inspirasi berhasil membuat 200 orang hebat yang tergabung dalam #Kelas Inspirasi, merasakan langsung “rasa” pendidikan di Indonesia, khususnya Jakarta.  Setelah “rasa” ini muncul dalam benak mereka, yang gelisah pasti akan turun tangan melakukan sesuatu untuk pendidikan, entah pendidikan Indonesia atau dimulai dari pendidikan di SD tempat ia ditempatkan. Seperti dicontohkan pa Anies Baswedan, bantu kepala sekolah belajar tentang leadership di perusahaan-perusahaan kita. Ya, kepala sekolah dan guru pun tampaknya butuh “rasa” baru agar muncul gagasan dan ide-ide baru untuk sekolahnya.
  3. Kelas Inspirasi berhasil membuat ribuan anak kebanjiran inspirasi (pinjam istilahnya Kang Aaron), semoga tetap terjaga, dan tetap dijaga baik oleh sang anak, guru, orang tua, ataupun para volunteer.
  4. Kelas Inspirasi berhasil membuat ratusan guru dan ribuan anak bangsa mendapatkan keluarga baru yang peduli pada masa depan mereka, siap bantu merealisasikan cita.
Image

Ok. Bersama-sama kita sepakati, di tengah masalah pendidikan yang meluas, katakan pada setiap masalah yang ada: “Saya bisa bantu selesaikan masalah yang mana?”. Karena hakikatnya, mimpi besar bangsa ini hanya bisa terealisasi atas kerja-kerja setiap warga negaranya. Sedikit hiburan di tengah orang-orang yang punya hobi baru mengutuki keadaan😀. Selamat berjuang, sehingga kata menjelma menjadi karya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s