[Lighting] Kok cahayanya ga rata ?

[lighting] Kok cahayanya ga rata ?

Bismillah…

Masih pada hari yang sama dengan pemotretan batagor. Scotel menjadi salah satu model saya pagi ini. Reflector saya letakkan sama seperti saat memotret batagor, hanya saja posisi kamera saya letakkan berlawanan dengan cahaya matahari. Jeprat jepret, ternyata muncullah efek bayangan :

 

Setelah berganti posisi kamera, searah datangnya cahaya :

 

Saya jadi mikir, letak kamera yang baik saat memotret itu seperti apa ? apakah berlawanan ? searah ? atau disamping datangnya cahaya matahari ? huaaah..rieut. Humm..dan fungsi reflector sendiri saya pikir untuk meminimalisir bayangan, tapi ternyata tidak juga😀, apakah saya yang salah meletakkan reflectornya ? ada yang bisa bantu saya menjawab pertanyaan ini ?.

 

Difoto ini, saya benar-benar merasakan kehadiran reflector menjadi tidak terlalu berarti, karena cahaya yang harusnya rata malah tidak merata, sama seperti tidak menggunakan reflector. Benar-benar butuh pencerahan tentang ilmu pencahayaan nih.

 

4 responses

  1. mungkin dari segi penempatan reflectornya kali sis, karena reflector ga mesti wajib berlawanan dengan cahaya yang datang. atau coba aja bagian yang gelap dikasih cahaya bantuan flash yang dikasih difuser (maaf hanya sekedar pendapat seorang newbie poto)

  2. Ni masi di kosannya Flo yak?
    Kalo pake pencahaya’an alami gitu si reflektornya ngga bisa sedikit kaenya.

    Kalo saya pernah juga moto dengan kondisi mirip kaya gitu. Setelah 1 reflektor dirasa nggak cukup, pake 3 baru kerasa..

    Saya sendiri juga masih nubi kalo maen pencahaya’an gitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s