[Lighting] Kok Ada Bayangan ?

[Lighting] Bayangan ?

Bismillah…

Pagi yang cerah namun terkadang mendung. Batagor menjadi inspirasi saya pagi ini. Yosha…pagi ini saya putuskan untuk kembali bereksperimen dengan cahaya buatan Allah. Ada satu lokasi kesukaan saya, yang cahayanya tumpah ruah disana, itulah dia kosan Flo. Setelah membenahi segala peralatan tempur saya, dari mulai kamera, alas untuk background, reflector, piring saji sampai mangkuk-mangkuk kecil, maka saya berangkat ke kosan Flo.

KOSAN Flo

Pukul 09.30 WIB, walau agak mendung namun cahayanya  cukup untuk sesi  pemotretan kali ini.

“Flooo…gw minjem cermin dari kamar lo yeee, meja bundernya juga, ah mulai sekarang kosan lo gw tetapkan sebagai studio mini gw foreveeer”. Pagi yang indah untuk teriakan saya dikosan orang😀.

Setelah memasang taplak putih, dilapisi dengan taplak merah untuk sesi pertama lalu ditambah dengan memasang-masang reflector disana-sini. Kurang lebih beginilah kondisi saat itu :

 

Hummm…sebenarnya saya masih agak bingung dengan konsep pencahayaan dan peletakkan reflector agar cahaya yang jatuh ke makanan menjadi bagus. So, semua reflector itu saya pasang sesuai dengan intuisi saja. Reflector alumunium foil saya letakkan berlawanan dengan arah datang cahaya untuk memantulkan kembali cahaya bagian belakang makanan. Cermin saya letakkan disamping makanan untuk memantulkan cahaya dibagian samping makanan. Jepret-jepret, dengan settingan mode manual (gaya), ISO 100 (ISO 200 membuat makanan menjadi sangat terang benderang), f 5.6 atau 5.3, Speed 1/30 – 1/1000 sesuai dengan kuatnya cahaya matahari yang datang, dan posisi kamera saya searah dengan datangnya matahari untuk menghindari bayangan makanan ikut terpotret (bener ga siiiih ? please help me T_T).  Seperti ini hasilnya :

dan ini :

Ada satu yang mengganggu, cahaya pada jam 09.30 – 11.00 WIB menimbulkan efek bayangan dari benda-benda yang menjadi objek foto. Contohnya ini :

Tangan teman saya saat menuangkan saus kacang pada batagor akhirnya membuat efek bayangan pada foto ini. Saya sudah mencoba beberapa posisi datangnya tangan agar tidak muncul efek bayangan, tapi nihil, bayangan tetap muncul. Menutupi sebagian piring…huaaah lieur sodara-sodara, ada yang bisa bantu saya bagaimana caranya agar bayangan tidak lagi muncul ? Inilah tantangannya saat kita memakai cahaya alami, bertarung dengan bayangan. Boleh ga ya, bayangan2 seperti ini muncul dalam food photography ?  yah, saya masih awam pada dunia ini.

 

Kasus serupa :

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s