Foto Cupu Part 2

Bismillah

Tadda…tibalah akhirnya mengontrak mata kuliah Makanan Oriental. Salah satu resep yang kita praktekkan adalah yang disebut dengan Chicken green curry atau kari ayam hijau dalam bahasa nasional Indonesia. Masakan Thailand yang rada-rada mirip sama masakan Timur Tengah pada awalnya bikin saya agak “pusing” juga. Apalagi untuk ukuran saya yang pada waktu itu masih harus belajar membedakan antara jahe, kencur dan lengkuas (hahaha). Alhamdulillah saya selalu praktek dalam kelompok, sedikit tidaknya dapat mengangkat harkat derajat dan martabat saya sebagai seorang wanita :p (numpang keren ke teman).

Kari ayam hijau, dengan santan kentalnya, ulekan cabe hijau agak mirip opor tapi mantab , gurih apalagi kalau kita mau menggila dengan menambahkan kemangi ke dalamnya :p.(rasanya gimana? Entahlah saya juga lupa…hahaha…maklum sudah 2,5 tahun yang lalu *ah semakin menegaskan bahwa saya sudah tua). Saya tidak akan membahas terlalu banyak tentang resepnya, karena saya juga sudah lupa kemana resepnya berada.

Seingat saya, hari itu seperti biasa saya ditugaskan untuk menyusun food presentationnya. Kare hijau yang warnanya tidak terlalu hijau namun menjadi indah dengan santan kentalnya membuat daging ayam menjadi lebih mengkilat. Dengan bar-barnya saya buat sarang burung sebagai alas kare hijau macak-macak ini (entah benar atau tidak hasil yang sudah kami praktekkan ini, tapi seingat saya tidak ada kritik dari dosen…hahah, dan lagi pula saya belum pernah ke Thailand untuk melihat penampakan sebenarnya). Sarang burung dibuat dari mie instan yang sudah direbus terlebih dahulu, kemudian digoreng menggunakan sendok sayur sehingga berbentuklah ia seperti mangkuk. Lalu diletakkanlah ayam dengan porsi makan satu orang ke atas mangkuk mie itu.

Sebuah masterpiece yang abal-abal banget, difoto masih menggunakan kamera saku Fuji Film Fine Pix F-650 dengan teknik seadanya. …hahaha…kenapa? Esok atau lusa Insya Allah akan saya jelaskan tentang teknik pencahayaan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s